RAIH KEMENANGAN KLIK DI SINI

Minggu, 10 Juli 2011

Iptek : Temuan Jamur Bercahaya dalam Gelap di Brasil

Minggu, 10 Juli 2011

RUSWANTO ADI PRADANA ONLINE

Iptek

Temuan Jamur Bercahaya dalam Gelap di Brasil

Mycologia/"prlm"

SAN FRANCISCO, (PRLM), RUSWANTO ADI PRADANA ONLINE - Jamur yang bisa bercahaya dalam gelap telah ditemukan di hutan hujan Brasil, jamur unik ini belum pernah terlihat sejak tahun 1840. Jamur berpendar ini ditemukan ilmuwan Dennis Desjardin dan tim dari San Francisco State University pada tahun 2009.

Mereka telah mengumpulkan spesimen baru tersebut dan diklasifikasikan sebagai Neonothopanus gardner; temuan mereka dipublikasikan dalam jurnal Mycologia, Jumat (8/7).

Para peneliti berharap studi yang lebih cermat pada jamur ini dan kerabatnya yang bersinar, di seluruh dunia akan membantu menjawab pertanyaan tentang bagaimana dan mengapa beberapa jamur bisa bercahaya.

Neonothopanus gardner terakhir terlihat pada tahun 1840 ketika ahli botani Inggris George Gardner melihat anak laki-laki bermain dengan benda bersinar yang disebut 'flor-de-coco'.

Untuk menangkap cahaya hijau dari jamur itu, Dr Desjardin dan mitra dari Brazil, Dr. Cassius Stevani, harus keluar malam dan menyusuri hutan, sambil berjaga-jaga dari serangan ular beracun dan jaguar. (Aya/A-88)***

Source : pikiran-rakyat.com, Minggu, 10 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar