RAIH KEMENANGAN KLIK DI SINI

Selasa, 09 November 2010

Merangsang Otak dengan Arus Listrik

KILAS IPTEK

Merangsang Otak dengan Arus Listrik

Merangsang otak dengan arus listrik lemah dapat menambah kemampuan matematika sampai enam bulan tanpa memengaruhi fungsi mental lainnya. Hasil ini suatu saat nanti dapat mengobati kira-kira 15-20 persen dari populasi yang memiliki keterbatasan yang berhubungan dengan angka.

Hal ini pun dapat digunakan untuk mereka yang kehilangan kemampuan yang berkaitan dengan angka akibat stroke atau penyakit degeneratif. Cohen Kadosh, ahli saraf dari Universitas Oxford, London, Kamis (4/11), mengatakan, stimulasi listrik ini tidak membuat seseorang langsung sekaliber Albert Einstein.

Namun, jika penelitian ini sukses, mungkin saja dapat menolong beberapa orang yang mengalami hambatan dengan angka. Peneliti menggunakan teknik stimulasi otak yang disebut transcranial direct current stimulation, metode tanpa operasi yang menerpakan arus lemah ke otak secara konstan pada periode tertentu untuk meningkatkan atau mengurangi aktivitas dari neuron. Dalam penelitian baru ini, Kadosh memakai transcranial direct current stimulation untuk parietal lobe, daerah otak yang penting untuk pemahaman angka. (Livescience/ELN)***

Sumber : Kompas, Sabtu, 6 November 2010 | 04:56 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar