RAIH KEMENANGAN KLIK DI SINI

Minggu, 12 Desember 2010

2014, Tambah 5.775 Anak Positif HIV

2014, Tambah 5.775 Anak Positif HIV

SHUTTERSTOCK

TERKAIT:

JAKARTA - Jumlah anak yang terinfeksi virus HIV diperkirakan akan bertambah.Kementrian Kesehatan meramalkan, pada 2014 anak positif HIV bertambah 5.775 kasus sehingga total anak positif HIV di Indonesia hingga tahun itu mencapai 34.287 kasus.

"Memang jumlah kasus baru HIV semakin meningkat secara keseluruhan baik laik-laki maupun perempuan, penularan berjalan terus, layanan untuk testing makin merata sehingga lebih mudah," ujar dokter UPT HIV Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof Samsuridjal Djauzi dalam diskusi "Sekolah untuk Anak HIV Positif" di Thamrin City, Jakarta, Minggu (12/12/2010).

Dikatakan Samsuridjal, pertambahan jumlah anak positif HIV tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah perempuan usia subur, 20-35 tahun, yang terinfeksi HIV. "Presentas perempuan mengalami peningkatan, di RSCM saja, pada 2006 hanya 17 persen, di 2008 jadi 24 persen," katanya.

Perempuan-perempuan positif HIV dalam usia subur itu memiliki kesempatan tinggi untuk hamil.Kemudian mampu menularkan virus HIV kepada janin yang dikandungnya atau anaknya melalui air susu ibu. "Ibu hamil positif, 35 persennya menularkan pada anaknya," ungkap Samsuridjal.

Sebagian besar perempuan yang terinfeski HIV, lanjut Samsuridjal, ditularkan oleh suaminya. Hanya sebagian kecil yang terinfeksi karena hal lain seperti penggunaan jarum suntik. "82 persen ditularkan suaminya, hanya 18 persen yang karena hal lain," tambahnya.

Meskipun demikian, kata Samsuridjal, penularan virus HIV dari ibu ke anak tersebut dapat dicegah saat anak masih dalam kandungan. Pencegahan dengan obat-obatan dapat mengurangi resiko tertularnya anak.

Hanya saja, hingga kini baru sekitar 9 provinsi di Indonesia yang melayani program pencegahan tersebut. "Masih banyak yang belum dapat program, kita harap pemerintah dapat terus membantu pencegahan HIV pada anak ini," pungkasnya. (C12-09)***

Sumber : Kompas.com, Minggu, 12 Desember 2010 | 16:19 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar