RAIH KEMENANGAN KLIK DI SINI

Kamis, 24 Desember 2009

Koloni Bunga Bangkai Ditemukan

FLORA LANGKA

Koloni Bunga Bangkai Ditemukan

REMBANG - Kesatuan Pemangku Hutan Mantingan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah menemukan kawasan koloni bunga bangkai Amorphophallus Sp. Di kawasan seluas 1 hektar itu terdapat 22 bungai bangkai dengan diameter umbi rata-rata sepanjang 20 sentimeter.

Administrator Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mantingan Abdul Hasan, Selasa (15/12) di Rembang, Jawa Tengah, mengatakan, kawasan itu terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber. Tepatnya di Petak 6 Resor Pemangku Hutan (RPH) Lohgede, Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Sudo.

Petugas Perhutani menemukan koloni bunga bangkai itu ketika meninjau Petak 6. Petak tersebut merupakan lokasi percontohan pohon jati trubus atau pohon jati yang tumbuh dari tonggak jati tebangan lama.

”Di lokasi terdapat satu bunga yang sedang mekar, satu bunga yang menguncup, dan 10 umbi bunga bangkai. Sisanya merupakan umbi yang sudah diangkat pada saat pembersihan Petak 6,” kata Hasan.

Menurut Hasan, Perhutani akan menetapkan lokasi temuan sebagai kawasan konservasi bernilai tinggi. Perhutani juga akan memantau lokasi-lokasi lain yang dahulu pernah menjadi tempat tumbuh bunga bangkai, seperti di kawasan BKPH Demakan, Desa Trembes, Kecamatan Gunem.

Guna melindungi kawasan dan memantau perkembangan bunga bangkai, terutama di Petak 6 RPH Lohgede, Perhutani akan menempatkan dua mandor penjaga untuk mencegah pencurian.

Asisten Perhutani BKPH Sudo Lukman Jayadi mengatakan, pihaknya akan menjaga kawasan itu lantaran tidak tertutup kemungkinan muncul beberapa bunga bangkai lagi. Adapun bunga bangkai yang telanjur tercerabut akan ditanam di Hutan Kota Landoh. Di hutan kota itu saat ini terdapat 52 jenis tanaman langka khas Rembang. (HEN)***

Source : Kompas, Rabu, 16 Desember 2009 | 05:26 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar