RAIH KEMENANGAN KLIK DI SINI

Selasa, 13 Juli 2010

Di Mana Tempat Menimba Ilmu Pendidikan?

Di Mana Tempat Menimba Ilmu Pendidikan?

Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang jatuh pada 25 November diperingati untuk menghormati jasa guru sekaligus refleksi profesionalitas guru. Salah satu tempat menimba ilmu pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah Universitas Pendidikan Indonesia di Kota Bandung.

Universitas yang berdiri pada 20 Oktober 1954 itu awalnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Perguruan tinggi itu diresmikan oleh Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Mohammad Yamin. PTPG dipimpin seorang dekan yang membawahkan enam jurusan dan satu balai penelitian pendidikan.

Gedung utama PTPG merupakan gedung peninggalan masa sebelum Perang Dunia II bernama Vila Isola (kini Bumi Siliwangi). Gedung itu merupakan salah satu karya arsitektur monumental di Bandung rancangan arsitek Belanda, CP Wolff Schoemaker. Di gedung inilah untuk pertama kali para pemuda mendapatkan gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas.

Tiga tahun kemudian, PTPG bergabung dengan Universitas Padjadjaran menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Saat itu berdiri pula Institut Pendidikan Guru (IPG) yang didirikan Departemen Pendidikan Dasar dan Kebudayaan sehingga terjadilah dualisme dalam lembaga pendidikan guru.

Untuk menghilangkan dualisme itu, pemerintah mendirikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) sebagai lembaga pendidikan guru tingkat universitas. Berkaitan dengan itu, tahun 1963 FKIP dan IPG di Bandung melebur menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung.

Keputusan Presiden IMomor 93 Tahun 1999 tentang Perubahan IKIP Menjadi Universitas menandai perubahan nama IKIP Bandung menjadi Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas itu kini memiliki tujuh fakultas dan satu program pascasarjana. Dua tahun terakhir, lebih dari 16.000 mahasiswa perguruan ini lulus dan meraih gelar sarjana. (EW/LITBANG KOMPAS) ***

Sumber : Kompas, Senin, 3 Mei 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar