RAIH KEMENANGAN KLIK DI SINI

Sabtu, 05 Juni 2010

Terapi Kanker dengan Sponsnano Lebih Efektif

KILAS IPTEK

Terapi Kanker dengan Sponsnano Lebih Efektif

Penelitian terkait pengobatan kanker terus berkembang. Setelah terapi obat antikanker berteknologi nano menggunakan injeksi obat terapi target secara langsung, belakangan pengobatan menggunakan sponsnano diteliti. Bahkan, penggunaan sponsnano 3-5 kali lebih efektif ketimbang menggunakan injeksi obat. Hasil penelitian terkait efektivitas pengobatan sponsnano itu dipublikasikan dalam jurnal Cancer Research awal Juni ini.

Teknologi sponsnano itu secara sederhana diibaratkan dengan membuat spons berukuran virus dan mengisinya dengan obat dan diperlengkapi dengan kimia tertentu yang akan merekatkan spons itu di permukaan kanker. Begitu menempel di permukaan sel kanker, spons dengan jaring-jaring penyimpan obat itu lalu melepaskan muatannya, yakni obat antikanker secara terkontrol.

”Kendaraan” pembawa obat itu akan hancur sendiri dan terbuang oleh tubuh. ”Obat terapi target untuk kanker menjadi impian selama ini. Namun, pembuatannya sangat kompleks. Metode baru ini akan mengatasi berbagai masalah yang ada,” ujar Eva Harth, asisten profesor kimia di Vanderbilt, Washington University, yang ikut dalam penelitian penggunaan sponsnano itu. (Sciencedaily/INE)***

Sumber : Kompas, Sabtu, 5 Juni 2010 | 03:04 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar